Popular Link

Manfaat dan khasiat telur untuk kesehatan


Manfaat dan khasiat telur - Telur adalah bahan makanan yang cukup lazim dan dapat ditemui dimana-mana. hal tersebut tidak mengherankan karena telur selain untuk dimakan langsung dapat pula dimanfaatkan untu pembuatan masakan dan kue yang cocok dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya.



Dalam hal nutrisi, telur juga dikenal sebagai salah satu sumber protein yang cukup besar serta murah dan mudah didapatkan. Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat sekunder dari telur secara umum yang mungkin belum anda ketahui.

Telur untuk menghilangkan ketombe

Dan ketombe sekalipun bisa diatasi dengan keampuhan telur. Aplikasikan telur pada kulit kepala, dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air biasa, kemudian keramas hingga sisa telur hilang.

Menjaga Kesehatan mata

Untuk Anda yang mau menjaga mata Anda tetap sehat. Bisa mulai menkonsumsi telur. Karena Karotenoid yang ada di kuning telur, khususnya Karotenoid lutein danzeaxanthin, sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Menurut para peneliti, Karotenoid ini, yang merupakan pigmen berwarna yang memberi warna kuning pada kuning telur, dapat menurunkan risiko penyakit age-related degeneration dan katarak. Zat ini berperan sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian pada retina sehingga dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus

Cukupi kebutuhan mineral

Seperti vitamin, mineral merupakan zat gizi mikro yang krusial dibutuhkan oleh tubuh. Mineral merupakan zat gizi essensial yang digunakan untuk mengelola fungsi tubuh seperti menyeimbangkan elektrolit. Kuning telur serta putih telur memiliki 13 jenis mineral, di antaranya dari kalsium, magnesium, besi, potasium, sodium, dan selenium. Meskipun kedua bagian telur ini sama-sama mengandung mineral, namun kuning telur memiliki kandungan yang lebih banyak untuk setiap mineral. Contohnya, 90 persen dari kalsium yang terdapat di telur berada pada kuning telur; 93 persen kandungan besi pada telur berada di bagian kuningnya, dan hanya 7 persen yang berada di bagian putihnya.

Menjaga berat badan agar tetap sehat

Telur adalah sumber terbaik dari protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial bagi tubuh manusia. Mereka membantu mengontrol tingkat di mana tubuh menyerap kalori. Ketika mengelola berat badan Anda, sebaiknya pilihlah makanan yang memberikan jumlah gizi yang maksimum dengan sesedikitnya jumlah kalori. Telur adalah nilai gizi yang besar bagi orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap sehat.

Telur menghilangkan jerawat

Untuk para remaja atau orang dewasa, permasalahan jerawat pasti sangat menggangu penampilan anda. Apalagi jika Anda merupakan pegawai ataupun seseorang yang bekerja harus menjaga penampilan dan bertemu klien secara langsung. Tentu ini menjadi permasalahan serius yang anda punya.

Demi menghilangkan jerawat ini pun, Anda rela untuk membayar mahal karena Anda harus perawatan setiap bulannya untuk membeli alat penghilang jerawat dan sejenisnya. Tapi sekarang Anda tidak perlu kawatir. Karena ada cara murah yang bisa anda gunakan untuk merawat wajah Anda. Yaitu dengan menggunakan telur. Caranya adalah facialkan putih telur untuk merawat jerawat yang sedang meradang sekaligus membuat kulit lebih lembut dan kencang. Cukup mudah bukan?

Membantu dalam kehamilan

Choline merupakan nutrisi penting yang memberikan kontribusi untuk perkembangan otak janin dan membantu mencegah cacat lahir. Dua telur menyediakan sekitar 250 miligram kolin, atau sekitar setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil dan menyusui.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda ambil dari sebuah telur. Baik telur itu bisa anda konsumsi atau digunakan dengan cara lain. Maka dari itu, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak hanya untuk hidup sehat. Yang pasti kunci dari semua itu adalah, makan 4 sehat 5 sempurna dan mulai menjalankan gaya hidup sehat.

Kesehatan rambu dan kuku

Selain bisa dipakai untuk menghilangkan ketombe seperti kami paparkan diatas, jika telur sering dikonsumsi. Telur juga membantu kesehatan rambut dan kuku dari dalam tubuh karena di dalam telur menandung sulfur yang tinggi, dan bermacam vitamin serta mineral. Mereka yang rajin mengkonsumsi secara teratur memiliki rambut yang tumbuh lebih cepat.