Popular Link

Tips cara menghilangkan bau mulut secara alami


Cara menghilangkan bau mulut - Bau mulut tentunya akan mengganggu orang disekitar anda sehingga sedikit banyak memberikan citra buruk apalagi untuk yang bergelut di dunia kerja yang membutuhkan banyak waktu untuk publik speaking seperti berbicara di depan umum.

Bau mulut memang bisa disebabkan oleh berbagai hal, beberapa jenis penyakit seperti radang tenggorokan, amandel, gangguan pencernaan dapat menjadi pemicu bau mulut yang tidak sedap. Selain itu, beberapa jenis makanan juga dapat menimbulkan bau tidak sedap. Selain karena penyakit dan makanan, bakteri yang bersembunyi di rongga mulut pun adalah penyebab paling umum dari bau mulut yang tidak sedap tersebut.


bau mulut

Bakteri-bakteri yang bersembunyi di dalam rongga mulut ini memiliki kemampuan untuk membusukkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi dan memproduksi senyawa belerang yang mudah menguap. Itulah sebabnya mengapa anda harus merawat kesehatan mulut anda. Karena faktanya, untuk sebagian orang menggosok gigi dua kali sehari saja tidak cukup untuk menjaga agar mulut kita tetap segar sehingga akan terhindar dari bau mulut.

Bahan alami untuk menghilangkan bau mulut

Berikut beberapa bahan alami yang bisa anda pakai untuk menghilangkan bau mulut :

Daun sirih
Sejak dulu, obat herbal ini sudah dipercaya bisa menjaga kesehatan gigi . Kandungan minyak atsiri dalam daun sirih bersifat antiseptik dan bisa membasmi bakteri jahat dengan efektif. Cuci bersih daun sirih, remas-remas dan rebus. Setelah dingin, jadikan larutan sirih ini sebagai obat kumur.

Garam
Tak hanya mampu mengatasi perdarahan gusi, radang gusi dan gusi bernanah, bumbu dapur ini juga bisa menetralkan keasaman mulut sekaligus membunuh bakteri yang merusak gigi dan menimbulkan bau mulut. Campurkan ½ sdt garam dan ½ sdt soda kue dalam setengah cangkir air. Aduk rata dan berkumurlah.

Jeruk nipis
Jeruk nipis ternyata juga bisa membantu mengembalikan kesegaran napas kita. Kandungan minyak limonoids dalam buah hijau ini bersifat aromatik dan bisa mengharumkan serta menyegarkan mulut. Peras jeruk nipis, campurkan dengan sedikit madu. Minum larutan ini 1-2 kali sehari.

Tips mengatasi bau mulut

  • Selalu menjaga kesehatan mulut anda dengan menggosok gigi anda secara rutin minimal 2kali sehari pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Dan bagian langit-langit mulut dan juga lidah haruslah juga kita bersihkan, karena sisa-sisa makanan biasanya menempel pada bagian tersebut.
  • Hindarilah rokok dan alkohol karena hal itu dapat memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis yang akan memperburuk kebersihan mulut anda.
  • Mengkonsumsi keju juga dapat membantu memerangi bakteri pada mulut kita, karena keju sangat kaya akan kalsium, mengandung fosfat, dan rendah karbohidrat sehingga sangat bermanfaat untuk menambah produksi air liur, dan mengurangi tumbuhnya karang gigi.
  • Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mempunyai bau yang menyengat seperti durian, petai atau bawang.
  • Minum air putih yang banyak juga berguna untuk menjaga ketersediaan air dalam tubuh tetap seimbang sehingga mulut tetap segar.
  • Mengkonsumsi banyak vitamin C juga bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut anda, tetapi konsumsilah vitamin C dari buah-buahan segar jangan dari suplemen karena akan memperburuk aroma tidak sedap pada mulut anda.
  • Berkumurlah dengan obat kumur sebelum anda tidur. Hal ini dapat mengurangi halitosis selama anda tidur dimalam hari.

Demikian tips kesehatan kali ini, semoga memberikan menfaat untuk kesehatan dan penampilan anda.