Popular Link

Tips cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami


Cara meningkatkan daya tahan tubuh - Berikut ini adalah beberapa tips singkat yang bisa anda terapkan secara teratur dalam pola hidup sehat anda untuk mendapatkan kondisi yang selalu prima yang mungkin anda butuhkan untuk menunjang aktifitas penting seperti pekerjaan setiap hari.


cara meningkatkan daya tahan tubuh

Tips meningkatkan daya tahan tubuh

Konsumsi cukup vitamin
Vitamin C membantu menghasilkan komponen alami untuk membunuh kuman. Konsumsi 400 miligram vitamin C diperlukan per hari. Vitamin C alami bisa didapatkan dari paprika, jeruk, atau strawberry.

Tidak banyak yang tahu kekurangan vitamin D mengurangi kekebalan tubuh. Pastikan Anda mendapat cukup asupan vitamin D, misalnya dari susu, sereal, ikan salmon, dan telur.

Kelola stres
Stres dan sistem imun tubuh berjalan beriringan. Stres tingkat tinggi daya tahan tubuh. Untuk mengatasinya, lakukan olahraga yang menyenangkan demi menekan stres.

Cukup istirahat
Kurang tidur mengurangi kekebalan tubuh alami. Anda harus tidur minimal tujuh hingga delapan jam setiap malam. Pasalnya, cukup tidur tak cuma baik untuk kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, tapi juga buat kecantikan.

Berjalan-jalan atau beraktivitas ringan
Aktivitas fisik membantu menjaga kekebalan tubuh. Hal ini dibuktikan bahwa orang yang berolahraga selama lima hari dalam seminggu lebih tahan terhadap pilek dan flu.

Makanan untuk membantu meningkatkan daya tahan

Buah-buahan dan sayuran
Pola makan yang kaya buah-buahan dan sayuran adalah cara lain untuk memerangi setiap kondisi yang berhubungan dengan respon imun berkurang. Satu-satunya alasan untuk ini adalah bahwa mereka mengandung tingkat tinggi nutrisi meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin C dan bioflavenoids. Vitamin C meningkatkan produksi melawan infeksi sel darah putih dan antibodi. Dengan mengurangi tekanan darah dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) tingkat, mereka mengurangi risiko tertentu cardio-vaskular penyakit. Demikian pula, kelompok yang disebut fitonutrien bioflavenoids melindungi sel-sel tubuh terhadap sejumlah polutan yang berbahaya tubuh.

Kacang-kacangan
Sangat bermanfaat bagi jantung yang sehat, sumber-sumber yang berharga dari Vitamin E membantu meningkatkan respon kekebalan tubuh Anda. Mekanisme utama operasi mereka adalah mereka merangsang produksi sel-sel pembunuh alami sehingga menghilangkan sel germinal berbahaya dan sel-sel kanker dalam tubuh. Tergantung pada gaya hidup seseorang, dosis harian nutrisi dapat bervariasi. Contoh seperti orang dengan gaya hidup tinggi dan tingkat konsumsi alkohol mungkin perlu lebih dari 100-400 miligram per hari.

Biji-Bijian
Beras coklat, gandum, barley, dan bentuk-bentuk serupa lainnya dari gandum mengandung komponen yang kaya nutrisi seperti serat, protein dan anti-oksidan. Bahkan, banyak ahli gizi mengklaim bahwa mereka memberikan nutrisi lebih penting daripada biji-bijian olahan seperti tepung putih. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti konsumsi setiap bentuk biji-bijian olahan dengan biji-bijian untuk meningkatkan tingkat kekebalan tubuh kita.

Bawang putih
Selama berabad-abad, bawang putih telah menjadi komponen penting dari hampir setiap resep makanan. Tapi, efek menguntungkan dari bawang putih tidak hanya terbatas pada menambahkan rasa pada makanan Anda. Bawang telah lama digunakan sebagai penguat karena ampuh kebal terhadap nutrisi, sifat antijamur dan antiseptik. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bila digunakan terus menerus, bawang putih memberikan perlindungan terhadap flu, batuk dan infeksi dada. Hal ini karena bawang putih mengandung sumber tinggi vitamin (C, B1, B6 dan), mineral (fosfor dan zat besi) dan Alliin sulfoxide dikenal untuk anti-bakteri.

Ikan
Omega-3 asam lemak yang ditemukan dalam sebagian besar ikan seperti salmon, tuna dan mackerel bersifat menguatkan kekebalan yang membantu menjaga kebugaran secara keseluruhan. Sesuai rekomendasi diet, disarankan untuk makan anak-anak setidaknya tiga ons salmon tiga kali seminggu. Ini makanan yang kaya akan lemak tak jenuh yang mengandung asam esensial, juga dapat meningkatkan aktivitas fagosit atau sel darah putih yang menelan bakteri hadir dalam tubuh. Selain itu, juga memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan infeksi.