Popular Link

Tips cara berhenti merokok secara tepat dan efektif


Cara berhenti merokok - Usaha berhenti merokok sebenarnya selalu terjadi pada perokok aktif yang kadang datang dari kesadaran sendiri. Namun entah karena beberapa faktor dalam dan luar usaha tersebut selalu gagal yang menyebabkan perokok yang sudah perlahan meninggalkan kebiasaan mengisap rokok kembali menjadi perokok aktif.



Nah, beberapa tips berikut ini dikutip dari berbagai sumber bisa anda coba agar berhasil dalam usaha anda berhenti yang saat ini mungkin sudah kesekian kalinya.

Tips cara berhenti merokok

Ketahui kebutuhan di waktu senggang
Seseorang yang akan merokok harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhannya. Kalau Anda merokok untuk mengikat emosional atau membutuhkan sesuatu yang berarti coba mengalihkannya dalam bentuk lain. Alihkan pola perilaku merokok dengan mengulum permen atau mengunyah makanan yang membuat segar secara moderat. Cara mudah lainnya adalah ngobrol dengan orang lain.

Mengubah sugesti
Menyoal kebiasaan merokok tanpa sadar terkait dengan sugesti, pengaktifan alam bawah sadar yang diaplikasikan secara sadar. Verauli mengatakan, mereka yang merokok merasakan kenikmatan pribadi. Misal kebiasaan setelah makan atau bangun tidur. Untuk menghentikan kebiasaan merokok: ubah sugesti. Bayangkan berapa banyak uang yang harus Anda buang untuk kenikmatan semu ini. Merokok sama dengan membakar uang. Pertimbangkan pula bagaimana rokok berimbas pada gangguan kesehatan orang lain.

Detoksifikasi
Sudah melakukan pengecekan secara detail komposisi rokok? Rokok ini mengandung banyak zat kimia berbahaya, mulai dari belerang, karbonmonoksida, nitrogen, dan nikotin yang mempengaruhi kesehatan Anda.

Detoksifikasi dengan berhenti merokok adalah upaya pertama yang harus dilakukan. Saat sedang dalam kondisi tidak merokok, Anda dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih dan akan lebih baik ditambah berolahraga. Cara itu dapat mengeluarkan nikotin yang ada di dalam tubuh melalui keringat dan urin. 

Bangun komunitas
Faktor lingkungan sangat mempengaruhi perilaku seseorang. Karenanya ketika ingin berhenti merokok, Anda dapat membentuk perkumpulan dengan orang-orang yang memiliki niat sama. Satu sama lain dapat saling memotivasi atau mengingatkan untuk tidak merokok.

Minta dukungan orang-orang terdekat
Dukungan orang-orang terkasih sangat membantu Anda dalam proses berhenti dari merokok. Orang-orang tersebut dapat Anda jadikan sebagai alasan kuat untuk meninggalkan hal tak bermanfaat tersebut, pasti Anda tidak akan tega jika orang-orang yang Anda sayangi menderita akibat kebiasaan buruk Anda. Jauhkan orang-orang terkasih dari bahaya sebagai perokok pasif.

Atur pola makan yang sehat
Mulailah untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh sehingga tidak ada lagi alasan kinerja Anda menurun, letih, atau mudah lelah karena tidak merokok. Asupan gizi yang cukup akan membuat tubuh Anda segar, sehat, dan bersemangat meski tidak merokok.

Mulailah rutin berolah raga
Olah raga akan membuat badan Anda berkeringat, melalui keringat racun-racun sisa zat-zat rokok dapat dikeluarkan. Badan Anda akan terasa lebih segar dan sehat, pola hidup sehat secara otomatis akan membentuk kepribadian Anda menjadi orang yang lebih peduli dengan kesehatan.

Demikian beberapa langkah dan jurus yang bisa anda terapkan untuk membantu berhenti merokok secara efektif. Perlu diingat bahwa semakin besar keinginan dan niat maka semakin besar pula usaha kemungkinan berhasil anda.